« Home | Tentang Kota Kelahiranku » | Tentang Nama Blog Ini » | Kata-kata Mutiara Syeikh Ahmad Yasin » 




STOP PRESS!
Azayaka's Blog pindah ke
http://azayaka.wordpress.com
sampai waktu yang belum ditentukan :)
detik.


Friday, August 06, 2004 

5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Seiketsu)



Terdapat banyak konsep management perusahaan yang diterapkan khususnya oleh perusahaan2 di PMA Jepang, salah satunya perusahaan tempatku bekerja. Antara lain TQM (Total Quality Management), JIT (Just In Time), TPM (Total Productive Management), serta ada lagi satu konsep basic untuk lingkungan kerja yaitu 5S (singkatan dari : Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke). Dalam bahasa Indonesia, ada yang menerjemahkannya menjadi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) dan ada juga yang menerjemahkannya menjadi 5P (Pemilahan, Penataan, Pembersihan, Pemantapan, Pembiasaan). Terserah mau pake yang mana. Penjabarannya adalah sebagai berikut :
Seiri = Memisahkan barang yang diperlukan dan yang tidak diperlukan. Kemudian membuang barang yang tidak diperlukan
Seiton = Menempatkan barang yang diperlukan di tempat yang mudah dijangkau, dan memberi label untuk memudahkan & mempercepat pencarian
Seiso = Membersihkan tempat kerja (ngelap debu, nyapu, kalo perlu ngepel)
Seiketsu = Menjaga agar 3S di atas tetap dilakukan
Shitsuke = Membiasakan diri melakukan 4S di atas
Di tempat kerjaku, kegiatan 5S menjadi hal wajib yang harus dilakukan semua karyawan setiap hari (aku sih biasanya kebagian ngelap2 debu di meja n kompieku sendiri..tugas yg lumayan ringan...daripada nyapu :D). Bahkan tiap bulan diadakan audit 5S semua departemen, dan yang mendapat point penilaian 5S tertinggi akan mendapat reward berupa cash money!! Biasanya sih uang reward langsung habis hari itu buat beli makan siang dengan special menu rame2 :D Tapi sayang, departemenku sendiri gak pernah menang :( Yang sering sih karena pas audit kita lupa memindahkan cemilan dari dalam laci..Jadi keaudit deh. Di tempat kerjaku memang ada aturan : DILARANG MAKAN DI TEMPAT KERJA !! Tapi...kalo namanya perut laper gimana nahannya..:( Udah gitu satu departemen kita doyan ngemil..padahal ada satu check item yng berbunyi : tidak ada barang abnormal di tempat kerja (maksudnya, makanan dsb yang gak ada hubungannya dengan job kita tidak boleh ada di laci apalagi di atas meja).

Mengapa 5S sedemikan penting dilakukan? Karena ada kata2 indah dari si pembuat konsep ini bahwa : kondisi tempat kerja mencerminkan perlakuan seseorang terhadap pekerjaannya dan perlakuan terhadap pekerjaan mencerminkan sikapnya terhadap pekerjaan.




Pencarian Produk Halal
www.HalalGuide.info


$1 For Palestine

DUKUNG RUU APP

Yang Punya Blog

    Hanum; Muslimah; Pecinta buku; Kena virus blogging sejak Juli 2004; Main job : Japanese Translator; Living : Tangerang

Archives

Ngaji Yuk

My Links

Gabung di

    Indonesian Muslim Blogger

    Islam Dot Net

Powered by Blogger
and Blogger Templates